Sabtu, 08 Agustus 2009

Eclipse



Judul : Eclipse
Pengarang : Stephenie Meyer
Tebal buku :
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Buku ini merupakan lanjutan dari New Moon yang termasuk dalam Twilight Saga. Seperti buku terdahulu, tokoh utama dalam buku ini tidak berubah. Jika dalam buku New Moon bercerita tentang Bela yang frustasi karena di tinggal Edward, maka tidaklah demikian dengan buku berjudul Eclipse ini. Buku ini menceritakan masa bahagia Bela, karena akhirnya Edward memutuskan untuk tidak akan pernah meninggalkan Bela untuk alasan apapun. Di lain pihak, Jacob, sahabat Bela juga masih belum menyerah dengan Bela. Dia terus berusaha menarik perhatian Bela agar Bela berpaling padanya. Tentu saja ini mengakibatkan munculnya perseteruan antara Edward dan Jacob yang mengakibatkan makin panasnya perseteruan antara keluarga Cullen dan kawanan Serigala. Bela sempat bingung untuk memutuskan dia harus berada di pihak siapa, karena jika dia pergi ke tempat Jacob, Edward pasti marah. Apalagi sikap protektif Edward semakin menjadi-jadi sejak dia memutuskan untuk tidak akan pergi dari sisi Bela lagi. Perseteruan antara Edward dan Jacob terus berlanjut, setidaknya sampai saat mereka sadar bahwa ada seseorang yang mengincar Bela dan itu adalah kaum Vampir. Edward berusaha mengambil langkah sebijaksana mungkin untuk tetap melindungi Bela dan hal ini membuatnya harus merelakan Bela di jaga oleh Jacob saat Edward sedang mencari jejak pemburu Bela. Butuh waktu hingga akhirnya Bela menyadari siapa dalang dibalik kemunculan puluhan vampir baru di Seattle dan pemburunya. Jawaban itu sangat mudah, dia adalah Victoria. Victoria masih berupaya dengan segala cara agar dia bisa membalaskan dendamnya pada Bela.

Saat menyadari hal ini, keluarga Cullen berusaha mencari bala bantuan untuk bisa menangani serangan para vampir baru yang menurut visi Alice tidak lama lagi akan terjadi. Keluarga Denali menolak untuk bergabung karena Irina. Akhirnya Jacob pun mengetahui permasalahan ini dan memutuskan untuk melindungi Bela dari serangan Victoria, yang menyebabkan bergabungnya keluarga Cullen dan kawanan Serigala Jacob untuk menangani masalah ini. Di saat situasi mulai semakin merumit, Jacob terus berupaya menyakinkan Bela bahwa sebenarnya Bela juga mencintainya. Jacob bahkan nekat mencium Bela dengan paksa untuk menyakinkannya.
Di akhir cerita saat segala sesuatunya sudah beres dan Victoria pada akhirnya mati, Bela bisa menerima kenyataan bahwa sebenarnya dia juga mencintai Jacob meski cintanya pada Jacob tidak sebesar cintanya pada Edward. Namun, pilihan Bela tetaplah jatuh pada Edward. Hingga akhirnya Bela memutuskan segera menikah dengan Edward begitu dia lulus dari SMA (pada buku Breaking Dawn). Sebenarnya ide menikah itu juga paksaan dari Edward, karena Bela menuntut "sesuatu" yang membuat Edward mengambil keputusan untuk menikahi Bela. Meski sakit hati, Jacob akhirnya bisa merelakan Bela di pelukan Edward meski belum sepenuhnya. Bahkan saat Edward dan Bela menikah, Jacob pun datang untuk mengucapkan selamat, meski pada akhirnya harus diseret pulang paksa oleh Sam karena Jacob tidak bisa menahan amarahnya.
Secara garis besar buku ini bagus untuk bacaan ringan. Sangat menghibur bagi kaum hawa yang mendambakan cerita Roman bak Romeo dan Juliet. Mulai dari awal, pertengahan, dan akhir cerita sangat berkesan, setidaknya bila itu di bandingakan dengan buku sebelumnya yaitu, New Moon. Bahasa yang digunakan mudah dicerna dan setiap adegan di gambarkan secara mendetail sehingga pembaca tidak akan sulit untuk bisa membayangkan tiap adegannya. Namun, mulai dari buku Eclipse ini sebaiknya hanya dibaca oleh orang berumur 18 tahun ke atas. Hal ini karena ada dalam beberapa bagian yang kurang mendidik jika dibaca oleh anak-anak. Tapi di luar itu semua kemampuan Stephenie Meyer bisa juga disejajarkan dengan J.K. Rowling, hanya berbeda tema saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar